Kamis, 28 Juni 2012

Mengubah Nama Recycle Bin

Pernahkah Anda mencoba untuk merubah nama Recycle Bin? Jika ya, apa Anda bisa melakukannya? Bagi Anda yang sudah mengetahui triknya pasti mengatakan “YA”. Tetapi yang belum tahu, pasti mengatakan “TIDAK”.
Memang secara default nama recycle Bin tidak bisa dirubah. Namun sedikit trik Anda bisa merubah nama Recycle Bin. Untuk itu kita kembali lagi akan bermain-main dengan Registry. Jangan takut! Hal ini tidak akan membahaykan system Anda jika Anda melakukannya dengan benar tentunya. Tanpa banyak basa-basi lagi, berikut langkah-langkahnya:
  1. Buka notepad dengan mengklik menu start => Accessories => Notepad.
  2. Anda juga bisa melakukannya dengan mengklik Start => Run. Ketik “notepad” (tanpa tanda petik) dan tekan Enter.
  3. Setelah jendela Notepad terbuka, ketik kode di bawah ini:
Windows Registry Editor Version 5.00
[HKEY_CLASSES_ROOTCLSID{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}ShellFolder]
“Attributes”=hex:50,01,00,20
“CallForAttributes”=dword:00000000
  1. Kemudian simpan dengan ekstensi .reg yaitu dengan mengklik menu Save As. Pada kotak dialog Save As pilih All Files pada pilihan Save as type dan berikan nama sesuai dengan yang Anda inginkan. Tetapi ingat isi dengan ekstensi .reg. Misalnya Rename Recycle Bin.reg. Klik tombol Save untuk menyimpannya. File .reg ini merupakan file Registration Entries yang berguna untuk memasukkan informasi ke registry.
  1. Jika Anda malas untuk membuatnya atau takut salah mengetiknya Anda bisa mendownload file reg yang telah saya buat disini.
  2. Sekarang bukalah My Computer dan cari lokasi tempat Anda menyimpan file reg tadi.
  3. Setelah ketemu, klik kanan file tersebut dan klik Merge.

  1. Kemudian akan muncul kotak dialog konfirmasi. Klik Yes untuk melanjutkan. Pada kota dialog selanjutnya klik OK.

Sekarang semuanya telah selesai. Cobalah mengklik kanan icon Recycle Bin yang ada di desktop ataupun yang ada di Windows Explorer. Apakah sudah ada opsi Rename?

Jika ya, cobalah mengganti nama Recycle Bin tersebut dengan apapun yang Anda suka. Jika berhasil, berarti semuanya berjalan baik. Jika belum, mungkin kode yang Anda ketik salah. Cobalah memperbaikinya dan ulangi kembali.
Catatan
Trik ini bisa Anda gunakan pada Windows XP, Vista maupun Windows 7. Namun pada windows 7 ada sebuah pesan kesalahan pada saat kita menjalankan file reg. Tetapi trik ini masih tetap berhasil. Jika itu terjadi, Anda tinggal mengklik OK pada pesan kesalahan tersebut. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More